Jumat, 17 April 2020

B. KONSEP KERJA PROTOKOLER SERVER SOFTSWITCH


B. KONSEP KERJA PROTOKOLER SERVER SOFTSWITCH
                Beberapa kelebihan telepon menggunakan VoIP, antara lain lebih murah dari segi biaya dibandingkan tariff telepon konfensional karena bersifat global, biaya maintenance dapat ditekan karena voice dan data network terpisah sehingga IP phone dapat ditambah, diubah, bahkan dapat dipindah.     
                Dalam komunikasi VoIP (Voice over Internet Protokol), pemakai melakukan hubungan telepon melalui terminal  berupa computer pribadi atau telepon biasa. Hal ini dikarenakan pada system VoIP bisa dipasang disembarang Ethernet dan IP address, tidak seprti telepon konvensional yang harus memiliki port trsendiari di sentral PBX (Private Branch Exchange).

1. Pengertian VoIP (Voice Over Internet Protokol)
                VoIP adalah dua buah computer terhubung dengan internet. Bentuk hubungan tersebut bisa dalam bentuk pertukaran file, suara dan gambar. Dengan demikian, definisi dari VoIP identic dengan teknologi yang menjadikan media internet untuk bisa melakukan komunikasi suara jarak jauh secara langsung. Sinyal suara analog ketika berkomunikasi di telepon diubah manjadi data digital dan dikirimkan melalui jaringan berupa paket-paket data secara real time,  Dalam hal ini, penekanan utama dalam komunikasi  VoIP lebih pada hubungan kedua perangkat tersebut dalam bentuk suara. Syarat-syarat umum mengadakan koneksi VoIP adalah computer yang terhubung ke internet , memiliki sound card yang dihubungkan dengan speaker dan microfon serta dukungan software khusus sehingga kedua pemakai computer bisa saling terhubung dalam koneksi VoIP satu sama lain.

                Prinsip kerja VoIP adalah mengubah suara analog yang didapatkan dari speaker pada computer menjadi paket  data digital, kemudian dari PC ditruskan melalui Hub/Router/ADSL, modem yang dikirimkan lewat jaringan internet dan akan diterima oleh tujuan menggunakan media yang sama.
                Untuk pengiriman sinyal ke sebuah remote desination dapat dilakukan secara digital sebelum dikirim data yang berupa sinyal  analog diubah kebentuk data digital dengan ADC ( Analog to Digital Converter), kemudian ditransmisikan dan sipenerim dipulihkan kembali menjadi data analog dengan DAC. Di samping itu, bisa juga melalui media telepon diteruskan ke phone adapter  yang disambungkan ke internet dan bisa diterima oleh telepon tujuan.

Kelebihan dan kekurangan VoIP
(1) Kelebihan
§  Bisa digabung dengan jaringan telepon local yang sudah ada
§  Biaya lebih rendah untuk sambungan langsung jarak jauh
§  Berbagai bentuk jaringan VoIP bisa digabungkan menjadi jaringan yang besar.
§  Penggunaan bandwidth yang lebih kecil daripada telepon biasa.
§  Memanfaatkan infrastruktur jaringan data yang sudah ada untuk suara.

(2) Kekurangan
§  Regulasi terbatas
§  Kualitas suara tidak sejernih jaringan PSTN.
§  Peralatan relative mahal
§  Ada jeda dalam berkomunikasi
§  Tidak pernah ada jaminan kualitas jika VoIP melewati Internet.
§  Berpotensi menyebabkan jaringan terhambat/ stuck.


Tugas 1
1.       Apa yang dimaksut dengan VoIP?
2.       Sebutkan syarat-syarat umum mengadakan koneksi VoIP
3.       Tulskan prinsip kerja VoIP
4.       Sebutkan kelebihan dan kekurangan VoIP
5.       Gambarkan konsep kerja video IP!

Catatan.
§  Jawaban ditulis dalam catatan
§  Tuliskan namamu di kertas jawaban tersebut
§  Foto kertas jawabanmu tersebut
§  Kirim ke edmodo
§  Hal ini dilakukan untuk menghindari pengiriman ulang jawaban teman.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar