Jumat, 17 April 2020

2. Kebutuhan Perangkat VoIP


2. Kebutuhan Perangkat VoIP
            Guna melakukan komunikasi menggunakan VoIP dibutuhkan beberapa komponen pendukung. Selain dalam bentuk suara yang bisa didengar, bentuk komunikasi bisa dalam bentuk tulisan (chating) atapun video conference jika menggunakan jaringan cukup besar. Komunikasi tersebut lebih dikenal dengan istilah IP Thelephoni sebagai jenis komunikasi multimedia atau bentuk lanjutan dari komunikasi suara (VoIP).
            Beberapa komponen yang harus ada dalam VoIP diklasifikasikan sebagai berikut.
a.      Protocol.
              Secara umum,terdapat teknologi yang digunakan untuk VoIP, yaitu H.323 sebagai teknologi yang dikembangkan oleh ITU (International Telecomunication Union) dan SIP (Session Initiation Protocol) sebagai teknologi yang dikembangkan IETF (Internet Engineering Task Force).
b.      VoIP Server
     VoIP Server sendiri identic dengan bagian utama dalam jaringan VoIP. Perangkat ini sangat dibutuhkan untuk dapat menghubungkan berbagai titik komunikasi server. Pada dasarnya, VoIP Server menyediakan berbagai layanan yang biasa ada di voice mail, PBX (Private Branch Exchange), Interaktive Voice Response (IVR), dan lain-lain. Perangkat ini dapat digunakan untuk mendefenisikan jalur dan aturan antar terminal. Ada beberapa Sofswitch yang dapat dipilih untuk dapat membangun jaringan VoIP sendiri, semuanya memiliki lisensi gratis. Beberapa jenis sofswitch juga menyediakan fasilitas tambahan untuk dapat berkomunikasi dengan internet. Salah satunya adalah Asterisk VoIP server.

c.       VoIP Switch
       Konsep circuit switching identic dengan sebuah jalur komunikasi yang akan dibuka dan dipesan selama terjadi komunikasi. Jalur komunikasi tersebut pada akhirnya menjadi ekclusivf dimiliki oleh 2 titik yang menggunakannya. Misalnya, Tyas Pamungkas tinggal di Surabaya dan hendak menelepon Dwi Winarno yang berada di Sulawesi Utara. Selama proses komunikasi antara Tyas Pamungkas dan Dwi Winarno terjadi, jalur telepon dari Surabaya ke Sulawesi Utara adalah eksclusif milik Tyas Pamungkas dan lawan bicaranya. Alhasil biayanyapun membengkak karena membayar jalur telepon yang digunakan tersebut.

       Hal ini entu saja akan berbeda jika menggunakan konsep packet switching, dimana seluruh data untuk berselancar yang lalu-lalang di internet identic dengan jalur bukan eksklusif milik sendiri, sebuah jalur data pada packet switching bisa digunakan oleh multi user. Agar data tersebut tidak salah alamat, paket data diberi identitas khusus sehingga perangkat pendukung seperti halnya router dapat meneruskannya ke tujuan akhir (switched). Packet switch menjadi alas an utama sebuah komunikasi suara menggunakan Internet Protokol (IP) sehingga memiliki perbedaan biaya jauh lebih rendah.
d.      Proses Codec (Coder-Decoder)
       VoIP membutuhkan proses coder dan decoder dengan tujuan mengonversi sinyal audio menjadi data digital yang dipadatkan (kompresi) untuk kemudian dikirim lewat jalur internet agar dapat melewati jalur Packet switch dengan sempurna. Di titik yang berbeda data tersebut dikompresi ulang dan diubah menjadi sinyal analog. Salah satu algoritma yang popular digunakan dalam teknologi VoIP adalah CS-ACELP (Conjugate-Structure Algebraic-Code-Excited Linir Prediction). Codec juga bekerja menggunakan algoritma tertentu untuk membantunya dalam memecah, mengurutkan, mengcompresi, dan merakit ulang audio data yang ditransmisikan.
       Beberapa codec yang sering digunakan antara lain Codec G.711, G.723.1, G.729, G.726, G728, GSM dan iLBC. Pemilihan codec sangat berpengaruh pada penggunaan bandwidth jaringan. Makin baik codec melakukan sampling, jalur yang digunakan juga semakin efisient. Kualitas akhir suara juga harus diperhatikan agar tidak sekadar cepat, codec juga harus menghasilkan sinyal audio yang baik.




e.      Softphone (Software Perangat Telepon)
       Pada awal mula VoIP, softphone merupakan replikasi telepon tradisional di atas layar. Saat ini banyak softphone yang disebarkan dengan lisensi gratis, bahkan terdapat lisensi software gratis dalam layana jaringan VoIP-nya. Perangkat telepon dalam bentuk software di dunia VoIP biasa disebut softphone.
    
       Pada dasarnya softphone memiliki komponen-komponen sebagai berikut.
1)      Mesin untuk memproses panggilan dengan modul dalam API komunikasi yang memungkinkan panggilan ditempatkandan diterima dalam protocol tertentu.
2)      Antar muka yang bertindak sebagai platform komunikasi antara pengguna dan computer atau perangkat. Aplikasi ini juga menawarkan pengguna tombol putar untuk memanggil nomor.
3)      Daftar kontak merupakan daftar nomor dan nama yang memudahkan pengguna melacak nomor dan koreponden manajemen.
4)      Satu set codec sehingga data suara dikodekan antara analog (seperti yang didengar dan saat berbicara saat alami) dan format digital. Codec juga mamanfatka data sehingga mudah ditransfer melalui internet.
Beberapa jenis dari softphone yang banyak digunakan di Indonesia dikategorikan sebagai berikut.
1)      X-Lite
X-Lite merupakan softphone untuk VoIP yang berjalan melalui protocol SIP. Selain suara, X-Lite juga digunakan untuk saling berkirim txt dan video.
2)      SkyPe
SkyPe salah satu penyedia softphone gratis sekaligus layanan PC Call yang prima. Softphone ini hanya bisa bekerja dijaringan milik Skype.
3)      My Phone
Untuk protocol H.323 dapat menggunakan My Phone.

4)      IAX-Lite
IAX-Lite merupakan softphone yang berjalan melalui protocol IAX.
f.        VoIP Gateway
       Gateway berfungsi untuk menghubungkan dua bentuk jaringan berbeda yang dilakukan dengan menterjemahkan protocol-protokol tersebut melalui prosedur call setup dan release serta mengirimkan informasi antara jaringa. VoIP gateway digunakan untuk menghubungkan natara jaringan H.323 dan jaringan non H.323 sebagai dua jenis jaringan yang berbeda. Jika terdapat dua terminal H.323 yang sama, maka VoIP gateway tidak bisa digunakan untuk komunikasi. Misalnya gateway menghubungkan dan menyediakan komunikasi antara terminal H.233 dengan PSTN (jaringan telepon).
      


Tugas XI TKJ!
A. Pengetahuan
(Kerjakan dibuku tulis, tulis namamu di setiap lembar) kemudian kirim ke edmodo TLJ)
1.      Apa yang membuat VoIP cepat popular di masyarakat umum?
2.      Sebutkan dua teknologi secara umum yang digunakan untuk VoIP!
3.      Sebutkan 3 layanan yang disediakan oleh VoIP server!
4.      Apa yang dilakukan agar data pada VoIP switch tidak salah alamat?
5.      Apa tujuan VoIP membutuhkan proser coder dan decoder?
6.      Sebutkan dan jelaskan 4 komponen pada softphone
7.      Sebutkan kegunaan VoIP Gateway!

B. Ketrampilan
(Kerjakan kertas gambar, tulis namamu) kemudian kirim ke edmodo TLJ)
Gambarkan gambar 4.11 VoIP Server kemudian kirim ke edmodo





Tidak ada komentar:

Posting Komentar